adikku, subject pembelajaranku

Kadang berfikir jadi kakak itu mudah kok, cukup dijalani saja..Tapi ternyata susahnyaaa..memang tidak lebih dari susahnya jadi orang tua, tapi kalo dirasa-rasain suka ngelus dada juga..bapak sma ibu mungkin pusingnyaa berkeliling" kali yaa..ngrasain dua anak ceweknyaa yang sebenarnya ga bandel sih, tpi susah dibilangin..*sama ajaa..

Jadi kakak banyak enaknya, dan susahnyaa lebih banyak juga..tapi bersyukur, karena Allah ngasih saya seorang adik..Adik cewek, yang memang usianya terpaut jauh, alsan bapak waktu itu "biar kamu bisa jaga adik kamu"..hmmm,karena saya fikir jadi kakak itu gampang, saya sih cuma iya'' aja..
Tapi ternyata, jadi kakak tidak semudah yang saya bayangkan..apalagi sebagai kakak dari adik yang sedang beranjak dewasa..mungkin bukan saya saja yang merasakan pusingnya punya adik yang beranjak dewasa,pasti banyak juga yang ngerasain..Di saat dia  puber, atau sedang ngalamin atau bahkan tau apa itu namanya cinta, jatuh cinta, belum lagi kalau musim lulusan kaya gini, nyariin sekolah,,blaa..blaa..blaa..
Kakak adalah panutan adiknyaa..sya rasa itu mungkin adalah amanat terberat yang dirasakan, tak terkecuali saya..Apa yang kita lakukan, kadang dilakukan juga oleh mereka.. Jadi panutan setidaknya, atau wajibnya memang memberi contoh yang baik, mengajarkan yang baik, dan memberi tahu yang baik..Ibarat pepatah, buah jatuh tak jauh dari pohonnya,,mungkin ini juga bisa diistilahkan dalam kehidupan seseorang yang menjadi kakak..Betapa aktivitas kalian dicontoh oleh mereka..tapi tidak sedikit juga yang antara kakak dan adik kehidupannya berbeda..semua memang tergantung pribadi masing",,tapi setidaknyaa sebagai seorang yang sudah punya pengalaman dibanding adiknya, kitapun harus bisa menjadi contoh..
Kalau ditanya apakah saya adalah contoh yang baik??sya rasa tidak..saya sendiri merasa sya adlah kakak yang tidak pantas untuk dicontoh..salah jika adik saya memilih saya sebagai panutan..bahkan saya merasa sya adlah figure kakak yang gagal..Bukan hal mudah memang menjadi anak yang dituakan, atau dalam kehidupan saya, jadi yang tertua..bagaimanapun juga sya harus menunjukkan hal baik kepada adik sya,tapi apa daya, sya cuma manusia biasa,untuk mencontohkan yang baik sja kadang susah..belum lagi kalau sya ga bisa mengontrol emosi, mungkin dya bisa jadi sasaran empuk sya..tpi sebenarnya bukan marah,itu lebih kepada emosi sesaat dan rasa sayang yang berlebih..

Belum lagi dengan punya adik yang sedang puber dan mengerti tentang cinta,,walaupun setahu saya itu baru cinta"an..tpi hal yang paling membuat sya merasa jadi kakak itu tdak mudah adalah karena puber itu sendiri.. Betapa sya harus benar" menjaga adik saya agar ga neko",ga bergaul dengan teman-teman yang "salah",,susahhnyaaa..usia" yang masih labil memang,jdi susah dibilangin..
Kadang saya harus jadi cerewet kalo udah masalh kaya gini,,wajar memang,tpi ada kekhawatiran tersendiri,melihat lingkungan yang semakin ga karu"an, pergaulan yang sudah melewati batas..saya pusing, apalagi bapak dan ibu..
Belum lagi jaman lulus"an,harus nyari sekolah..mau ga mau harus ikut campur mencari sekolah yang baik buatnyaa..beban yang saya berikan kepada orang tua selama sekolah, sekarang jadi ikut"an sya rasakan..amanat yang diberikan kepada sya untuk mencarikan sekolahpun akhirnya sya rsakan jugaa..
Yahh, memang jadi kakak itu sulit, tpi jadi orang tua juga lebih sulit..
"Adikq, subject pembelajaranq", mungkin inilah hikmah yang sya rasakan..Jadi orang tua ga ada sekolahnyaa, dengan sya mengurus adik sya, mungkin sya bsa belajar merasakn apa yang orang tua sya rasakan..someday, i'll build a family. i hope that i can be better woman for my children..ini adalah pembelajaran, dan terimakasih kepada adikq yang telah mengajarkan sedikit hal tentang susahnya jadi kakak,lebih" orang tua..
Yang harus kita lakukan sekarang adalah membuat bapak dan ibu bahagia,,bahagia punya kita, dan sekaligus bangga melihat kita..
LOve u my sister..try to be a good girl..make me proud of u..I'll always stand beside u..:)


*catatan yang aku ambil dari kakakku, begitu  perhatiannya dia, kadang hingga membuatku ga mengerti apa yang sedang dia katakan, dia adalah kakak yang hebat yang berhasil buat aku menjadi sedikit lebih berguna buat orang lain, makasih buat semuanya yang kau beri untukku, begitu bangganya mama, papa sama kamu kak, meskipun aku sadar aku bukan adik yang baik, hanya manusia biasa yang kadang tak sadar perhatian yang berlebih yang kau berikan. masalah cinta juga ya??? masa2 ABG belum 17 tahun hehehehhe kadang buat aku juga bingung cinta itu apa? hehhehhehe. bukan mengajari jatuh cinta seh tapi mengajari membedakan hal yang baik dan tidak,, memilih2 teman dan sebagainya, memilih teman itu hal yang kurang baik seh karena semua itu teman ga bermaksud beda2in tapi hanya menginginkan pergaulan yang ga salah aja. aku tau gimana rasanya mikirin anak masa2 kyk aku, tapi tahap ini juga perlu dong ya hehehhehehehe,, semua juga pernah mengalami masa ni kan? termasuk kakak ku masa2 cinta monyet :)
udah ah segini dulu hehhehe,,makasih ya kak buat pelajran2 yang tak tehitung banyaknya i love you too sista, youre the best :) :*

3 Responses


  1. Anonim Says:

    LuckyClub | Get £10 free welcome bonus and 100% - Lucky Club
    Join the luckyclub.live UK's most trusted Lucky Club. Find new bonuses, promotions & loyalty programs here at LuckyClub.live.